Belajar Fisika: Perpindahan Panas

Posted by on Mar 21, 2013 in Academic | 2 comments

Nabilla N. Junior

by: NABILLA NURCAHYA JUNIOR

 SECONDARY 7 (John Dalton)

PERCOBAAN I

Memanaskan sendok di dekat api lilin, dalam waktu 8 menit lebih 23 detik tangan kita terasa hangat. Hal yang disebabkan tangan kita merasa hangat adalah karena panas adalah suatu energi yang dapat merambat dari benda bersuhu tinggi kepada benda bersuhu rendah.

 

perpindahan panas konduksi

catatan waktu pemanasan

 

 

Sendok merupakan benda   bersuhu rendah yang mendapat energi dari sumber panas.

Lilin merupakan sumber panas pada eksperimen berikut karena memiliki suhu yang tinggi        kemudian mengalirkan panas ke sendok sebagai benda bersuhu rendah.

 

Pada eksperimen ini kita mengetahui bahwa panas merambat tanpa zat penghantarnya bergerak. Perpindahan panas ini disebut perpindahan panas secara konduksi.

Sebagai contoh yang lebih mudah : tara ingin memberikan buku kepada toro, tetapi dia tidak boleh berdiri dari tempat duduk, sehingga tara harus mengoper-ngoper bukunya melalui tere, lalu tere mengopernya ke tiri, baru kemudian tiri memberikannya kepada toro. Buku tetap sampai ke toro tanpa si tara perlu untuk beranjak dari tempat duduknya.

 

PERCOBAAN II

Memanaskan air  disertai ampas serutan pensil dalam panci dengan menggunakan api pada setengah permukaan panci saja membutuhkan waktu 3 menit lebih 48 detik.

Pergerakan ampas serutan pensil sebelum mendidih hanya diam (tidak bergerak) dan berkumpul dengan serutan yang lainnya, namun setelah hampir mendidih (80 – 90 o ) serutan pensil bergerak – gerak dan berpisah dari ampas serutan pensil yang lain.

ampas serutan pensil bergerak memutar setelah dipanaskan

 

ampas serutan pensil mulai bergerak

Sumber panas hanya digunakan pada sebagian permukaan panci saja.

Air mulai mendidih

 

 

 

Pada eksperimen ini kita dapat mengetahui bahwa perpindahan kalor dari kompor ke panci yang tejadi dimana energi kalornya berpindah dan zat perantaranya juga bergerak. dikarenakan air yang dipanaskan  dapat bergerak bebas tidak seperti benda padat yang bentuknya tetap.

(disertai dokumentasi video.)

Sebagai contoh yang lebih mudah : tara ingin memberikan bukunya kepada toro, tetapi sekarang dia diperbolehkan untuk berdiri dari tempat duduknya. Maka kali ini untuk memberikan bukunya kepada toro, tara hanya tinggal beranjak dari tempat duduknya, kemudian berjalan menghampiri toro lalu memberikan bukunya.
Kali ini berbeda, tara sebagai pemegang buku ikut berjalan (bergerak) untuk memberikan bukunya kepada orang yang dituju, berbeda dengan pepindahan dengan cara konduksi dimana Bukunya berpindah tetapi tara-nya sebagai pemilik buku tetap diam di tempat duduk.

 

PERCOBAAN III

Mendekatkan tangan ke lilin yang menyala dengan tidak menempel dalam waktu 10 menit.

tangan merasakan panas dari lilin walaupun tidak ada besi atau benda penghantar panas lain dari lilin ke tangan

 

Adanya jarak antara lilin dengan tangan

Sumber panas

 

 

 

 

 

 

 

Mengapa walau tangan tidak menempel ke lilin tangan tetap merasa hangat? Karena perpindahan kalor yang tejadi dimana energi kalornya berpindah dari satu tempat ke tempat lain tanpa dibutuhkan zat perantara. Perpindahan kalor dengan cara ini disebut radiasi.

Sebagai contoh yang lebih mudah : misinya tetap sama yaitu tara ingin memberikan bukunya kepada toro, tapi ia tidak boleh berjalan atau mengoper. Lalu kira-kira bagaimana cara si tara untuk memberikan bukunya kepada toro ?? bisa dengan cara dilempar, walaupun kurang sopan,
tapi ini adalah suatu cara yang dapat mencontohkan suatu peristiwa radiasi terjadi.

 

PERTANYAAN

 

  1. Jelaskan persamaan dari ketiga percobaan tersebut!

 

perpindahan panas pada pemanasan air

Perpindahan panas dari panci yang telah panas ke tangan disebut konduksi karena tidak memerlukan zat penghabntarnya bergerak

Pada saat air ditaruh dengan ada perbedaan jarak dengan panci, hal ini disebut  perpindahan panas secara radiasi, karena perpindahan panas ini tidak membutuhkan zat perantara.

Ketiga percobaan tersebut sama – sama meng-ilustrasi-kan peristiwa perambatan (perpindahan) panas dari suatu benda ke benda lain.

 

Perpindahan panas dari api kompor ke air di dalam panci disebut konveksi. Karena, zat perantaranya juga bergerak.

 

 

 

 

 

 

 

  1. Jelaskan apa perbedaan dari ketiga percobaan tersebut?

Yang berbeda adalah zat yang mendapatkan perpindahan panas, sehingga merubah jenis perpindahan kalornya.

–          Pada percobaan pertama yang mendapatkan panas adalah sendok dan disebut perpindahan panas secara konduksi.

–          Pada percobaan kedua yang mendapatkan panas adalah air dalam panci dan disebut perpindahan panas secaara konveksi.

–          Pada percobaan ketiga yang mendapatkan panas adalah tangan dan tangan tidak mengenai sumber panas (lilin) hal ini disebut perpindahan panas secara radiasi.

 

 

pemanasan Bumi oleh Matahari

  1.  Panas matahari bisa memanaskan bumi, sesuai pada percobaan yang mana? Perpindahan panas dari matahari ke bumi tidak membutuhkan zat perantara hal ini disebut proses radiasi. Hal ini sesuai dengan percobaan ketiga.

 

 

 

 

 

  1. Termos dapat menyimpan air panas untuk waktu tertentu, namun tidak selamanya. Jelaskan mengapa panas air bisa berangsur – angsur hilang! Berdsarkan percobaan mu sesuai dengan percobaan yang mana? Jelaskan!                                                         Elemen utama termos air adalah tabung kaca yang hampa udara di sekeliling termos tersebut (seperti gelas, tapi pinggirnya tebal & hampa udara). Dengan adanya tabung tersebut suhu di dalam termos tetap terjaga karena hampa udara menghambat perambatan panas melalui udara.Sedangkan penutup luarnya (biasanya terbuat dari aluminium) berfungsi sebagai isolator antara tabung kaca dengan udara sekitar.

 

prisip kerjanya kalor yang masuk dalam tabung tidak bisa merambat keluar karena dihambat oleh kaca yang mempunyai warna putih dan mengkilap (warna putih dan mengkilap itu menyerap sedikit kalor dibandingkan dgn warna gelap), kemudian kalor dihambat oleh celah yang hampir hampa udara pada tabung kaca, setelah itu masih dihambat lagi dengan celah udara antara tabung dan dinding dan terakir adalah panas dihambat keluar oleh dinding termos yang biasa terbuat dari plastik atau logam yang penghantar panasnya kurang baik.

sehingga prinsipnya adalah bagaimana panas air dihambat tidak bisa merambat keluar.

 

Namun panas adalah suatu energi yang dapat merambat sehingga alupun termos dapat menghambat panas berpindah dengan ketat namun kaca lama kelamaan dapat menyerap panas dan saat kita menggunakan termos jika kita membuka tutup termos, pada saat itu bisa saja terjadi perpindahan panas.

 

berdasarkan prinsip kerja termos, termos berfungsi untuk mencegah perambatan kalor

cara perambatan kalor ada 3
radiasi,konduksi,konveksi

untuk mencegah perpindahan panas juga menggunakan 3 cara yang sama.

– radiasi = menggunakan cermin untuk memantulkan balik kalor yang akan dipancarkan

-konduks i= mengurangi kontak antara cairan di dalam termos dengan lingkungan

-konveksi = membuat ruangan vakum di antara cairan dan lingkungan

2 Comments

  1. kece ya.. terkenal ;;)

  2. Wahhh… pUnya nabilla kece ya di masukin ke website….

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>